Kimchi, ternyata adalah makanan yang bisa menyehatkan kulit dan tubuh

 Siapa yang belum pernah menyantap kimchi? Kepopuleran sayuran fermentasi ini ikut menanjak seiring tren kuliner Korea Selatan yang lagi digandrungi di seluruh dunia.

Kimchi adalah sejensi acara sayuran yang dibuat dengan proses fermentasi. Biasanya dibumbui dengan cabai bubuk, cuka, garam, bawang merah, bawang putih, jahe, dan pasta makanan laut yang disebut jeotgal.

baechu kimchi SURA Korean Cuisine

Ada beberapa jenis kimchi yang paling sering disajikan sebagai makanan pendamping di Korea Selatan, yaitu baechu kimchi (sawi putih), kkadugi (lobak kotak), dan oi sobagi (mentimun). Tetapi sebenarnya Korea punya lebih dari 200 variasi kimchi.

kkadugi Korean Bapsang

Sebagai makanan dengan kandungan probiotik dan vitamin yang tinggi, kimchi tentunya bisa menyehatkan tubuh. Namun ternyata mengonsumsi sayuran fermentasi ini juga bisa menjadikan kulit cantik. Dilansir Into The Gloss, kimchi kaya akan kandungan vitamin C dan betakaroten yang sangat penting bagi elastisitas kulit.

oi sobagi CrazyKoreanCooking.com

Selain itu, bakteri baik lactobacillus di dalamnya akan membantu melancarkan pencernaan dan mencuci racun dari tubuh. Ini juga termasuk syarat penting untuk mendapatkan kulit yang mulus bebas masalah.

Sementara lactic acid dan senyawa tumbuhan di dalamnya akan menurunkan kolesterol serta menghambat proses penuaan kulit.

“Jika Anda ingin menua dengan anggun dan memiliki kulit cantik, makanlah kimchi Korea,” tutur Kim Sung-hoon, mantan menteri kesehatan seperti dilansir ThingsAsian.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *